Membaca kata Gaster, langsung saya teringat istilah kedokteran berbahasa Yunani, yang berarti “Lambung”. Kata Gaster tidaklah asing bagi saya, yang seorang dokter. Sehingga, secara naluriah saya menduga makna nama cafe ini adalah isilah lambung Anda dengan makanan dan minuman yang mereka sediakan.

Saat melewati jalan Ratu Saifiatudin, Banda Aceh, tak sengaja saya melihat cafe ini. Sebenarnya saya tidak berniat untuk singgah di Gaster, tetapi karena namanya yang unik dan pengunjungnya pun ramai, mampirlah saya di sana. Kebetulan, saat itu saya sedang mencari sebuah coffee shop untuk menunggu seorang teman.

Gaster letaknya sangat strategis, di tengah-tengah kota, di dekat berbagai toko souvenir, tidak jauh dari Rek Peunayong, berdampingan dengan Hotel Ayani, dan hanya beberapa puluh meter saja dari Hotel Medan.

Desain cafe ini simpel dengan area outdoor yang lebih luas. Pengunjung lebih nyaman berada di area terbuka sambil menikmati nyanyian merdu vocalis band yang menghibur penikmat kopi malam itu.

Hampir tidak ada meja kosong saat yang berkunjung ke sana, kecuali sebuah meja kecil yang letaknya dekat dengan jalan. Karena tidak ada pilihan lain, duduklah saya di situ. Tak berapa lama, datang seorang pelayan membawa daftar menu.

Sekali lagi terbaca kata “Gaster”. Sungguh sebuah cafe yang berkarakter. Betapa tidak, ternyata Gaster bukan hanya mempunyai arti “lambung” dalam bahasa Yunani, tetapi juga nama sebuah distrik di Swiss. Bukan hanya itu, Gaster juga merupakan sebuah nama keluarga di Jerman. Di antara keluarga Gaster yang terkenal, seperti Jack Gaster politisi komunis Inggris, Jean-Paul Gaster drummer Amerika, dan Michael Gaster insinyur penerbangan Inggris. Beliau seorang Professor of Experimental Aerodynamics, at City University, London.

Nah, kali ini Gaster adalah sebuah cafe di Banda Aceh, ibukota provinsi Aceh, Indonesia.

Sembari menunggu teman datang, saya menikmati segelas es kopi dan french fries. Suara merdu penyanyi membuat suasana malam terasa tenang membuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here